Sabtu, 25 September 2010

Aku pergi....

Kala itu malam semakin larut...aku semakin tahu, ternyata hidup itu memilih jalan nya masing-masing, manusia bertanggung jawab atas dirinya sendiri-sendiri, dan manusia itu hakekat nya bertahan untuk hidup. Lalu...apa yang harus dilakukan? melakukan yang terbaik atau memberikan yang terbaik?
Kadang kita terjebak dengan kata-kata orang bijak. "Jadilah dirimu sendiri". Jika menjadi diri sendiri berarti melakukan yang terbaik, bukan memberikan yang terbaik. Karena memberikan yang terbaik, selaras dengan mengutamakan kepentingan bersama,kepentingan orang banyak. Tapi jika orang banyak itu tidak mementingkan kita kenapa kita harus mementingkan orang banyak?....mementingkan kepentingan bersama. Jika pemikiran seperti itu, itu namanya egois. egois bukan mengutamakan kepentingan bersama, tapi mengutamakan kepentingan pribadi.
Jika mengutamakan kepentingan pribadi berarti memilih melakukan yang terbaik. Jadi jika ingin mengatakan "Aku lakukan ini untuk kepentingan bersama" seharus nya di telaah dahulu. benarkah itu untuk kepentingan bersama atau hanya untuk kepentingan pribadi, kepuasan tersendiri, ego dalam diri.
aku bingung dengan apa yang aku katakan, seakan semua kata-kata itu keluar begitu saja. Malam semakin larut...dan semakin larut....aku masih bingung menelaah semua...menelaah hidup ini, hidup yang tidak ku mengerti jalannya.
akhirnya aku langkah kan kaki untuk beranjak dan memohon kepada Tuhan, agar senantiasa membimbingku supaya aku berfikir.....




*) Marlina Permatasari/S1-SI Amikom Yogyakarta'07/"Kumpulan Artikel Lina MarMut"

0 komentar:

Posting Komentar